41 Napi Tewas Saat Kebakaran Lapas di Tangerang, Fadli Zon Minta Menkumham Bertanggungjawab

LONCENGNEWS.COM – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Partai Gerindra Fadli Zon turut mengomentari terbakarnya Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I di Tangerang.

Advertisements

Fadli Zon meminta Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly untuk bertanggungjawab atas kebakaran yang membuat 41 narapidana (Napi) tewas serta delapan napi luka berat.

“41 napi warga RI wajib dilindungi tumpah darahnya. Menkumham harus tanggung jawab,” kata Fadli Zon melalui akun Twitter pribadinya @fadlizon, Kamis, 9 September 2021.

Baca Juga:  Fadli Zon Sentil Dudung: Tidak Bisa Benda Museum Seenaknya Diangkut Apalagi Menyangkut Tonggak Sejarah

Fadli Zon lantas menyoroti kapasitas Lapas yang disebut over kapasitas. Menurutnya hal itu merupakan masalah klasik yang tidak diperbaiki oleh pemerintah.

Oleh sebeb itu, Fadli Zon menilai bahwa pemerintah gagal dalam menyelesaikan persoalan tersebut baik secara sistemik maupun fisik.

Advertisements

“Kapasitas lapas yg lampaui batas tampung adalah masalah klasik dr waktu ke waktu. Ternyata tak ada perbaikan. Artinya pemerintah gagal selesaikan soal ini baik secara sistemik maupun fisik,” pungkasnya.

Baca Juga:  Komika Coki Pardede Ditangkap Polisi Terkait Narkoba

Sebelumnya, Lapas Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Banten dilanda kebakaran hebat pada Rabu, 8 September 2021 dini hari. Kebakaran tersebut menewaskan 41 napi, delapan napi luka berat, dan 72 napi lainnya luka ringan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Rika Aprianti mengatakan, kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 01.50 WIB.

“Kebakarannya terjadi sekitar pukul 01.50 WIB. Kebakaran bermula dari Blok C Lapas Kelas I Tangerang,” kata Rika, dikutip dari Kompas, Rabu, 8 September 2021.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Reynhard Silitonga menjelaskan bahwa di Lapas tersebut terdapat tujuh blok. Bagian lapas yang terbakar adalah Blok C2. Di blok tersebut terdapat ruang aula dan sembilan kamar.

Baca Juga:  Terbukti Terlibat Jaringan Terorisme, Polri Seret Paksa Fadli Zon? Begini Faktanya

Lalu dia juga mengungkapkan penyebab kebakaran di Lapas tersebut. Menurutnya, kebakaran terjadi hubungan pendek arus listrik atau korsleting.

“Jadi di blok inilah terjadi diduga awal hubungan pendek arus listrik (korsleting),” ungkapnya.(MH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *