Deddy Corbuzier Harus Belajar dari Isu LGBT yang Mengundang Reaksi Tokoh Agama-Politisi

LONCENGNEWS.COM – Isu Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) di Indonesia kembali mencuat usai Deddy Corbuzier mengundang Ragil Mahardika sebagai narasumber di podcast Close The Door miliknya.

Advertisements

Perlu diketahui, Ragil Mahardika ini merupakan seorang pria asal Indonesia yang berorientasi seksual gay. Ragil lantas pindah ke Jerman dan menikah dengan seorang pria di sana. Kepindahannya itu karena ia merasa sulit hidup normal sebagai gay di Indonesia.

Dalam video yang diunggah Deddy di akun YouTube-nya, Ragil banyak menceritakan kehidupan sebagai pasangan gay yang hidup normal di Jerman. Negara tempat ia tinggal itu juga tidak melarang LGBT.

Video tersebut lantas banyak dibicarakan oleh netizen di berbagai media sosial. Mereka tidak sedikit yang mengecam Deddy sang mantan pesulap itu karena dinilai mempromosikan LGBT di Indonesia.

Namun, mantan pesulap yang memiliki tubuh kekar itu membantah bahwa dirinya mempromosikan LGBT. Ia mengaku sejak awal tidak mendukung LGBT, tapi dia menghormati Ragil dan suaminya sebagai sesama manusia.

Baca Juga:  Lowongan Kerja D3 PT Panasonic Manufacturing Indonesia, Melamar Via Email Saja!
Advertisements

“Hanya membuka fakta bahwa mereka ada di sekitar kita dan saya pribadi merasa tidak berhak men-judge mereka,” kata Deddy dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 10 Mei 2022.

Deddy akhirnya meminta maaf setelah menuai berbagai kecaman dari netizen, berbagai tokoh agama hingga politisi. “Sekali lagi mohon maaf buat semua pihak yang terimbas akan hal ini, termasuk mereka. I’m taking down the video. But I still believe they are human. Hope they will find a better way,” pungkasnya.

Deddy juga menghapus video tersebut usai ada gerakan tagar #UnsubscribePodcastCorbuzier menjadi trending topic di Twitter. Dia juga kehilangan sedikitnya 100.000 subscribers di YouTube dan 8 juta followers di Instagram.

Gus Miftah Nasihati Deddy

Miftah Maulana Habiburrahman atau yang akrab disapa Gus Miftah merupakan sosok yang menjadi pembimbing Deddy untuk menjadi seorang mualaf.

Baca Juga:  Ternyata Ini Alasan Ganjar-Mahfud Kalah di Kandang PDIP, Gara-gara Jokowi?

Merasa masih punya tanggungjawab, Gus Miftah pun menasihati agar Deddy meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. “Makanya kalau gua nasehatin, lu harus minta maaf. Kalau lu nganggep gua sebagai guru, ‘Gus gimana nasihatnya?’ Lu minta maaf,” kata Gus Miftah dalam Podcast Deddy Corbuzier yang dikutip Selasa, 10 Mei 2022.

“Tapi gini, kalau memang ini membuat kegaduhan yang menggaduhkan masyarakat, gua minta maaf,” kata Deddy dalam video yang sama.

Gus Miftah juga menyebut dirinya akan jadi orang yang pertama kali menentang jika tujuan Deddy adalah mengkampanyekan perilaku tersebut.

“Tadi saya diwawancarai wartawan, kalau tujuan Deddy mengkampanyekan, saya yang akan melawan pertama kali. Saya yang akan marah pertama kali,” ucap Gus Miftah.

Kritik Tokoh Agama-Politisi

Beberapa tokoh memberikan kritik atas tindakan Deddy yang mengundang pasangan gay di akun YouTube-nya, di antara Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis.

Menurut Cholil Nafis, LGBT merupakan suatu ketidaknormalan yang harus diobati. Bukan dibiarkan dengan dalih toleransi.

Baca Juga:  Asyik! PT Angkasa Pura Supports Buka Lowongan Kerja, Job Seeker D3 Semua Jurusan Ayo Lamar!

Ia menjelaskan bahwa kodrat seorang manusia diciptakan Tuhan Yang Maha Esa secara berpasangan antara laki-laki dan perempuan. Bukan dengan orang lain yang jenis kelaminnya sama.

“Janganlah kita ikut menyiarkan pasangan LGBT itu,” kata Cholil dalam akun Twitter pribadinya @cholilnafis, Senin, 9 Mei 2022.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun pernah mengeluarkan Fatwa Nomor 57 Tahun 2014 tentang Lesbian, Gay, Sodomi, dan Pencabulan. Inti dari Fatwa itu menyatakan bahwa LGBT memiliki hukum haram dalam Islam.

Tidak hanya Cholil Nafis, Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR RI Muhammad Iqbal turut memberikan kritik kepada Deddy Corbuzier.

Muhammad Iqbal menilai bahwa Deddy sudah mempromosikan LGBT di Indonesia yang sudah jelas-jelas dilarang dalam Islam dan Undang-Undang.

“Termasuk Deddy Corbuzer yang tak hanya promosikan pasangan Gay namun juga pernikahan sesama jenis yang dilarang dalam undang-undang,” kata Muhammad Iqbal dalam keterangannya, Senin, 9 Mei 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *