Fadli Zon Sentil Anies Baswedan Soal Nasib Warga Kampung Bayam Usai Digusur: Mohon Perhatian

LONCENGNEWS.COM – Politisi Partai Gerindra Fadli Zon mengingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meresmikan Kampung Susun Akuarium bahwa masih ada yang perlu diperhatikan.

Advertisements

Menurut Fadli Zon, yang tersisa adalah warga Kampung Bayam yang tempat tinggalnya digusur untuk pembangunan Jakarta Internasional Stadion (JIS) beberapa tahun lalu.

Fadli Zon mengungkapkan bahwa nasib warga Kampung Bayam usai rumahnya digusur hingga saat ini masih belum jelas.

Baca Juga: Istri Gus Dur Diisukan Meninggal Dunia, Cek Faktanya

“Alhamdulillah Kampung Susun Akuarium sdh jd kenyataan. Ada yg tersisa, warga eks Kampung Bayam yg tergusur n masih tak jelas nasib mereka,” kata Fadli Zon mengomentari unggahan Anies Baswedan dalam Twitter, Jumat 20 Agustus 2021.

Baca Juga:  Anies Baswedan Kunjungi Rumah Ustaz Farid Okbah Sebelum Ditangkap Densus 88, Gubernur DKI Terlibat Terorisme?
Advertisements

Menurut Fadli Zon, warga Kampung Bayam sebelum digusur berjumlah 500 Kartu Keluarga (KK), namun kini hanya menyisakan 50 KK yang tetap tinggal dan masih mengharapkan Rumah Deret seperti yang dijanjikan pemerintah.

“Tadinya 500 KK tinggal di tempat yg skrg jd stadion JIS. Kini masih ada 50 KK di Jl Tongkol berharap ada Rumah Deret spt pernah dijanjikan,” ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Tak Berkenan Responsif Mural 404:NOT FOUND, Said Didu ‘Seret’ Ngabalin Soal Warga Kelas Kambing

Anggota Komisi I DPR RI ini mengungkapkan nasib warga Kampung Bayam tidak sebaik nasib Kampung Akuarium, meski sama-sama digusur oleh pemerintah.

Baca Juga:  Pengamat Militer: Jokowi Ikuti Jejak Soekarno Ingin Pertahankan Kekuasaan

Dengan demikian, Fadli Zon meminta Anies Baswedan untuk memberikan perhatian kepada warga Kampung Bayam yang masih tinggal di dekat stadion.

“Kampung Bayam nasibnya tak sebaik Kampung Akuarium. Sama2 digusur. Kini lokasi bekas Kp Bayam sdh jadi bagian tribun stadion megah JIS. 500 KK tercerai berai, yg bertahan tinggal 50 KK masih terlunta2 dekat stadion tsb. Ini foto kunjungan ke Kp Bayam bbrp thn lalu. Mhn perhatian,” pungkasnya.

Baca Juga: Mabes Polri Sebut Red Notice Jozeph Paul Zhang Tak Direspon Interpol, Fadli Zon: Ini Contoh Bagaimana Hukum Sesuai Selera

Sebelumnya, tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Akuarium di wilayah Jakarta Utara, Selasa, 17 Agustus 2021.

Kampung Akuarium yang sempat digusur di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada 2016 silam karena warga Kampung Akuarium dianggap telah menyerobot tanah negara, kini mulai ditempati oleh masyarakat setempat.

Baca Juga:  Jakarta Jadi Kota dengan Indeks Demokrasi Tertinggi, Anies Baswedan Berharap Jadi Rujukan

Kampung Susun Akuarium yang diresmikan Anies Baswedan adalah Blok B dan D dengan kapasitas 107 unit. Total hunian yang direncanakan bisa sampai 241 unit.

Baca Juga: Hasil Survei Spektrum: Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat pada Pilpres 2024, Anies Baswedan Bagaimana?

Anies Baswedan mengungkapkan rampungnya pembangunan Kampung Susun Akuarium sebagai bentuk ikhtiar untuk melunasi janji kemerdekaan yang telah disepakati.

“Lewat kampung ini, kita semua mewujudkan sila kelima dari Pancasila, yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Lewat kolaborasi di sini, kita mewujudkan identitas masyarakat Indonesia, yakni gotong royong,” kata Anies Baswedan dalam Instagram pribadinya.(MH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *