Jokowi Disebut Akan Reshuffle Kabinet, PAN Malah Langsung Siapkan Kader Terbaiknya

LONCENGNEWS.COM – Isu reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju kembali mencuat ke ranah publik.

Advertisements

Kabar reshuffle kabinet itu pertama kali diembuskan oleh relawan Jokowi Mania (Joman). Ia mengaku mendapatkan informasi kuat perihal reshuffle tersebut.

Mendengar isu reshuffle tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengaku telah menyiapkan kader terbaiknya jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta menjadi menteri.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Minta Pendukungnya untuk Tetap Setia Terhadap Sikap Politiknya

“Kami akan siapkan kader-kader terbaik untuk bisa membantu presiden,” kata Saleh dalam keterangannya, Jumat, 24 September 2021.

Meski begitu, Saleh tidak menampik bahwa reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Jokowi. Namun kata dia, jika PAN diajak maka pihaknya tidak akan menolak.

Advertisements

“Kalau diajak tentu bagus, kami dengan senang hati,” ujarnya.

Menurut Saleh, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat berada di luar pemerintah memang selalu membantu pemerintah melalui kritik dan saran.

Baca Juga:  Wacana Reshuffle Kabinet, PKB Sebut Menteri yang Akan Didepak Berinisial M, Mahfud MD Langsung Ketemu Cak Imin

Di lain kesempatan, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengatakan bahwa reshuffle merupakan hal yang wajar.

Dia menyinggung menteri yang hanya melakukan kampanye, padahal menurutnya yang terpenting adalah para menteri harus bekerja secara optimal.

“Tetapi yang penting semua menteri kerja optimal, bukan malah kampanye sendiri-sendiri,” kata Daniel dikutip dari Alinea, Kamis, 23 September 2021.

Daniel tak menjelaskan detail siapa menteri yang hanya berkampanye itu. Namun, dia menyebut ada sejumlah kementerian yang kinerjanya tak optimal selama pandemi.

“Yang utama saat ini adalah kementerian yang terdampak pandemi seperti kesehatan, pangan pendidikan dan ekonomi, sektor riil harus banyak terobosan,” tuturnya.

Baca Juga:  56 Pegawai KPK Diberhentikan, Jokowi: Saya Hormati Proses Hukum yang Sedang Berjalan

Untuk diketahui, isu reshuffle diembuskan pertama kali oleh relawan JoMan. Ia mengklaim bahwa reshuffle ini akan dilakukan akhir September atau setidaknya pada awal Oktober 2021.

Isu reshuffle itu juga dikaitkan dengan kebiasaan Jokowi yang kerap mengambil keputusan penting pada Rabu Pon.(MH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *