Kadin Dukung Pembangunan Ibu Kota Baru Dilanjutkan, Arsjad: Menjadi Simbol Indonesia yang Baru

LONCENGNEWS.COM – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid mendukung pemerintah untuk melanjutkan proses pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Advertisements

Dukungan tersebut disampaikan Arsjad Rasjid usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dengan berbagai himpunan dan asosiasi pengusaha.

Menurut Arsjad Rasjid, ibu kota baru merupakan simbol Indonesia yang baru pada 2045 yang akan datang, sehingga perlu didukung proses pembangunannya.

Baca Juga:  KPK Resmi Tahan Syahrul Yasin Limpo 

“Kami menyampaikan juga, di sisi ini kami mendukung ibu kota ini sebagai simbol di Indonesia pada 2045, karena 2045 Indonesia simbolnya adalah Indonesia yang baru, yang asri dan lain lain,” kata Arsjad Rasjid di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu, 8 September 2021.

“Dengan ini kami mendukung sebagai simbol, bagaimana Indonesia menciptakan Indonesia yang baru dan menjadi Indonesia yang maju di 2045,” sambungnya.

Advertisements

Selain membicarakan Ibu Kota Negara (IKN), menurut Arsjad, Kadin juga menyampaikan beberapa usulan untuk pemberian insentif modal kerja di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga:  IMM Cirendeu Tolak Usulan Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa

Modal kerja, kata Arsjad, perlu menyentuh dunia usaha di segala level, baik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun usaha besar.

“Kadin sebagai rumah bagi seluruh himpunan dan asosiasi dan juga Kadin daerah. Di mana rumah bagi pengusaha mikro sampai dengan besar,” ujar Arsjad.

Berdasarkan rencana induk dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, pembangunan dan pengembangan ibu kota baru diperkirakan membutuhkan waktu 15-20 tahun.

Dalam perkembangan terakhir pengembangan ibu kota baru, menurut data Bappenas, saat ini sedang dilakukan pemutakhiran desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dilengkapi penyesuaian tahapan pemindahan ASN, TNI, BIN, Polri dan permodelan skala detail. Kemudian desain dasar pada skala detail 1:5.000 untuk perumahan dan perkantoran.

Baca Juga:  Pesan Jokowi ke kepala Daerah: Jabatan Diberikan Untuk Goal Oriented dan Result

Turut hadir dalam pertemuan Presiden Jokowi dan berbagai kalangan pengusaha, antara lain, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey.(MH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *