Penemuan Lubang Menyerupai Gua di Bondowoso oleh Warga

 

LONCENGNEWS – Warga Bondowoso dihebohkan dengan penemuan sebuah lubang, berikut benda-benda diduga peninggalan zaman prasejarah. Lubang mirip gua itu sekitar 2 meter persegi yang berisi puluhan benda.

Advertisements

Benda-benda itu berbentuk gerabah, besi tampak sudah berkarat, serta kerangka-kerangka manusia. Lokasi tersebut tak jauh dari rumah warga, Kamis 15 April 2021.

“Iya, betul. Pengamatan sementara memang kubur (Makam) bilik peninggalan zaman megalitikum,” urai Kasi Sejarah dan Purbakala Dinas Dikbud Bondowoso, Hery Kusdarijanto, kepada detikcom, Kamis (15/4/2021). seperti dilansir dari detik.com.

Baca Juga:  Soal MUI, PCNU Kabupaten Malang Dorong Kaum Intelektual Rawat Kondusifitas Publik

Sementara itu, penemuan lubang ini akan di tindak lanjuti secara intensif dan penelitian lanjutan. Dengan melibatkan berbagai pihak Salah satunya balai cagor budaya dan stakeholder lainnya.

Penemuan tersebut berawal saat Wasil 43 Dusun kecik, Desa Lojajar, berniat menggali tanah untuk saluran yang tidak jauh dari rumahnya.

Advertisements

Selang beberapa waktu Wasit dan kerabat nya menggali kendati terkejut saat melihat cerukan, setelah digali lebih dalam Cerukan itu , mirip dengan sebuah gua.

Baca Juga:  Muhammadiyah Hasilkan Format Ideal PPDB DKI Jakarta

“Setelah penggalian ke dalam, ternyata ada benda-benda purbakala semacam gerabah, manik-manik dan lainnya. Juga semacam serpihan kerangka yang hancur,” ungkap Wasit kepada wartawan.

Atas saran beberapa tetangga sekitar, Wasit kemudian melaporkan temuan tersebut ke perangkat desa yang lalu dilanjutkan ke pihak terkait. Tim sejarah dan purbakala dari dinas terkait di Bondowoso akhirnya turun ke lokasi untuk melakukan penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *