STAI DUBA Pamekasan Gelar Serap Aspirasi untuk Tingkatkan Pendidikan

LONCENGNEWS.COM – STAI Darul Ulum Banyuanyar (STAI DUBA) Pamekasan menggelar Serap Aspirasi bersama para dosen dan pengelola. Acara tersebut sebagai bagian dari rencana persiapan tahun akademik baru pada 2022 ini.

Advertisements

Acara serap aspirasi tersebut bertemakan “Peningkatan Mutu Akadbagia untuk STAI DUBA Unggul Tahun 2030”, yang sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) dan Rencana Strategis (Renstra) STAI DUBA Pamekasan.

Ketua STAI DUBA, KH. Sholahuddin Syamsul Arifin, M.A. mengatakan bahwa ada tiga periode yang dilalui oleh STAI DUBA, periode pertama adalah peletakan dasar pijakan, periode kedua pembangunan, dan periode ketiga yaitu periode pengembangan.

Baca Juga:  Bank Indonesia Buka Rekrutmen Pegawai Lulusan S1 dari Banyak Jurusan ini, DAFTAR SEKARANG

Ketiga periode itu menurut Sholahuddin, harus dilakukan dengan peningkatan mutu pendidikan agar mencapai tahap unggul.

“Kita memasuki periode kedua yaitu pembangunan (al-bina’), setelah sebelumnya melewati periode pertama peletakan dasar pijakan (al-ta’sis) dan berikutnya kita akan capai periode ketiga yaitu pengembangan (al-tathwir). Dan semua periode itu, harus dilaksanakan melalui peningkatan mutu akademik hingga mencapai unggul,” ujar Sholahuddin dalam sambutannya, Kamis, 1 September 2022.

Advertisements

Pada kesempatan ini juga diperkenalkan lima pengelola dan 25 dosen baru yang tersebar di lima program yaitu Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Hukum Tata Negara (HTN), Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Ekonomi Syariah (ES).

Baca Juga:  IMM Cabang Ciputat Tak Setuju Wacana Presiden 3 Periode, Mizan: Merusak Demokrasi

Menurut Dr. Abdul Mukit, M.Pd.I selaku Wakil Ketua I bahwa penambahan dosen dan pengelola baru sebagai konsekuensi alih bentuk dari STIBA ke STAI DUBA, dengan demikian beberapa dosen dan pengelola baru tersebut diharapkan meningkatkan mutu pendidikan.

“Penambahan dosen dan pengelola baru sebagai konsekuensi alih bentuk dari STIBA ke STAI diharapkan bisa semakin menguatkan dan meningkatkan mutu akademik. Dan beberapa catatan penting hasil serap aspirasi akan dimasukan untuk selanjutnya menjadi kebijakan institusi,” ujarnya.

Beberapa catatan penting yang diserap dalam aspirasi tersebut antara lain, pertama, peningkatan bidang pendidikan melalui pematang Rencana Perkuliahan di RPS, SAP dan Laporan Perkuliahan Akhir Semester (LPAS).

Baca Juga:  Lowongan Kerja SMA Hingga D3 PT Angkasa Pura Solusi: Usia 40 Tahun Masih Boleh Apply

Kedua, peningkatan bidang penelitian dan pengabdian dosen melalui penambahan media publikasi empat jurnal di masing-masing prodi dan satu jurnal pengabdian kepada masyarakat. Ketiga, peningkatan layanan pembelajaran melalui penyediaan LED/Smart TV di masing-masing ruang perkuliahan.

Adapun pengelola barunya adalah :
1. Ketua Prodi Ekonomi Syariah, Zainol Fata, M.E.
2. Ketua Prodi Hukum Tata Negara, Mursyidi, M.H.
3. Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Mabrurrosi, M.Pd.
4. Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Ziyadul Ifdhal Ghazali, M.Pd.I.
5. Bagian Humas dan Perpustakaan, Ach. Fahrurrosyi,S.E.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *