Sumber Daya Kelautan dan Potensinya

Wilayah lautan di Indonesia sangat luas dengan potensi kekayaan yang melimpah dikenal dengan negara kepulauan yang dikelilingi laut. Laut merupakan salah satu dari kenampakan alam perairan di Indonesia, termasuk juga sungai, danau, rawa, dan selat.

Advertisements

Laut adalah kumpulan air asin yang luas, dan memisahkan sekaligus menyatukan suatu daratan dengan daratan lainnya. Beberapa contoh laut di Indonesia diantaranya seperti Laut Arafura, Laut Banda, dan Laut Jawa. Laut dapat dipandang sebagai wadah dengan berbagai unsur, aturan, aktivitas, dan dinamika yang ada di dalamnya yang memerlukan serangkaian upaya pengelolaan untuk meraih berbagai tujuan atau keberhasilan secara bersamaan.

Baca Juga:  Berbaik Sangka, Pandai Ambil Hikmah

Tata kelola sumber daya kelautan Indonesia memiliki potensi yang besar, melihat dengan potensi sumber daya laut yang paling besar di Indonesia yaitu adalah sumber daya perikanan. Laut Indonesia memiliki angka potensi lestari yang besar, artinya memungkinkan untuk ikan beregenerasi sehingga jumlah ikan yang ditangkap tidak mengurangi populasinya. Selain ikan yang ada di lautan, banyak penduduk yang melakukan budi daya ikan terutama di daerah pesisir.

Selain dari perikanan sumber daya kelautan Indonesia lainya ada juga hutan bakau yang dimana di Indonesia mencapai angka 3.617.000 hektar. Dengan wilayah yang luas, hutan bakau sebagai potensi sumber daya laut Indonesia mempunyai fungsi ekologis dan ekonomis. Fungsi ekologisnya yaitu sebagai habitat binatang laut untuk berlindung, berkembang biak, dan mencari makan. Selain itu, untuk melindungi pantai dari abrasi air laut. Sedangkan, fungsi ekonomis hutan bakau berupa kayu pepohonan dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan kayu bakar, arang, atau kertas.

Baca Juga:  PPKM Darurat Diberlakukan dan Diperpanjang Terus di Tangsel, Pemkot Harus Gercep Salurkan Bantuan

Terlepas dari perikanan dan bakau Indonesia juga mempunya potensi sumber daya kelautan yang besar didalam lingkup sumber daya mineral kelautan yang tersebar di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Advertisements

Sumber daya mineral ini diantaranya minyak dan gas bumi, timah, emas dan perak, pasir kuarsa, monasit dan zirkon, pasir besi, agregat bahan konstruksi, posporit, kromit, dan masih banyak lagi yang lainnya. Potensi sumber daya laut dan keanekaragaman flora dan fauna juga di Indonesia dapat dikembangkan menjadi komoditas pariwisata. Seperti wisata bisnis, wisata pantai, wisata budaya, wisata pesiar, wisata alam, dan wisata olahraga.

Baca Juga:  Beduk, Petasan, dan Uang Lebaran (Kesalehan di Tanah Betawi)

Hal-hal diatas merupakan sebagian dari potensi-potensi yang besar dalam sumber daya kelautan yang seharusnya bisa dikelola baik oleh pemerintah, serta dari halnya pengelolaan sumber daya tersebut, kita juga perlu bersama-sama melindungi dan menjaga sumber-sumber daya kelautan Indonesia yang menyimpan banyak sekali keanekaragaman yang besar.

 

Oleh: Edwin Sena, Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *