Survei: Airlangga Hartarto-Mahfud MD dan 2 Menteri Lainnya Direkomendasikan Direshuffle

LONCENGNEWS.COM – Lembaga survei Arus Survei Indonesia mengungkapkan rekomendasi publik untuk mereshuffle empat menteri Kabinet Indonesia Maju.

Advertisements

Dari hasil survei tersebut, jika reshuffle dilakukan hari ini maka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto agar direshuffle.

Hasil tersebut dijabarkan lembaga survei Aru Survei Indonesia bertema Evaluasi Publik Terhadap Penanganan Pandemi dan Peta Elektoral 2024 secara virtual, Rabu, 8 September 2021.

Baca Juga:  Posisinya Terancam, Nadiem Makarim Langsung Temui Megawati, Netizen: Dijamin Lolos dari Reshuffle

Pertanyaan yang diajukan adalah ‘jika reshuffle kabinet harus dilakukan saat ini, Kementerian bidang apa menurut Bapak/Ibu/Saudara harusnya diganti’.

Publik menjawab, Kementerian bidang ekonomi paling tinggi direkomendasikan responden sebanyak 38 persen. Kemudian, Kementerian bidang Politik Hukum dan Keamanan 29 persen.

Advertisements

Selanjutnya, Kementerian bidang Maritim dan Investasi 13 persen dan Kementerian bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di angka 11 persen. Sisanya 9 persen responden menyatakan tidak tahu tidak jawab.

Baca Juga:  Juliari Didakwa Terima Suap Rp32,482 Miliar Tapi Tidak Ajukan Eksepsi, Benny Harman Malah Heran dan Bilang Begini

“Ini rekomendasi publik, tapi kita enggak tahu karena ini ukuran kinerja dari publik, pasti kalau Presiden punya kinerja sendiri dalam mengukur kinerja para menterimya,” kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rifan saat memaparkan hasil surveinya.

“Termasuk isu reshuffle ini sangat tepat karena juga menjelang pergantian Panglima barangkali,” imbuhnya.

Survei ini dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Indonesia dengan metode penarikan sampel adalah multistage random sampling. Jumlah responden yakni 1200 dengan margin of error +/ – 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pengambilan data survei pada 26 Agustus sampai 3 September 2021. Survei dilakukan dengan cara telesurvei yaitu responden wawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. Nomor telepon responden dalam survei ini didapat dari database survei tatap muka lembaga Arus Survei Indonesia sejak 2019 hingga 2021.(MH)

Baca Juga:  Wacana Reshuffle Kabinet, PKB Sebut Menteri yang Akan Didepak Berinisial M, Mahfud MD Langsung Ketemu Cak Imin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *